KONSTRUKSI TOLERANSI BERAGAMA DALAM WASIAT WAJIBAH MELALUI PENERAPAN MAQASID AL-SYARI’AH

Authors

  • Salma Salma UIN Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Agustiar Agustiar UIN Imam Bonjol Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29123/jy.v15i2.480

Keywords:

islam, maqasid al-shari’ah, non-muslims, tolerance, obligatory will

Abstract

ABSTRAK

Pengadilan agama adalah lembaga peradilan yang dibentuk negara khusus untuk urusan keperdataan orang Islam di Indonesia. Dalam praktik, ditemukan putusan-putusan yang menunjukkan kepedulian dan keberpihakan hakim agama kepada orang-orang non-Muslim walaupun tidak mencantumkan kata toleransi dalam putusannya. Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis nilai-nilai toleransi beragama melalui penerapan maqasid al-syari’ah dalam putusan hakim pengadilan agama dan pengadilan tinggi agama tentang wasiat wajibah. Sumber data untuk tulisan ini adalah Putusan Nomor 263/P.dt.G/2007/PTA.Sby dan Nomor 21/P.dt.G/2016/PTA.Mks. Kedua putusan tersebut dianalisis menurut teknik analisis isi. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu mengumpulkan, memilah data, menampilkannya dalam naskah dan menarik kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan bahwa hakim-hakim pengadilan agama memperlihatkan toleransi beragama yang tinggi terhadap orang-orang non-Muslim. Mereka memutuskan untuk memberikan hak harta terhadap orang-orang non-Muslim walaupun, menurut ketentuan syariat, tidak berhak mendapatkan harta tersebut. Akan tetapi, kata toleransi tidak tercantum dalam putusan tersebut. Para hakim mempertimbangkan perihal toleransi ini berdasarkan unsur-unsur maslahah atau keharusan memelihara lima aspek syariat yaitu: memelihara agama (hifz al-din), memelihara jiwa (hifz al-nafs), memelihara akal (hifz al-‘aql), memelihara keturunan (hifz al-nasl), dan memelihara harta (hifz al-mal). Keharusan memelihara lima aspek penting tersebut dalam putusan-putusan hakim berkaitan erat dengan kepentingan non-Muslim yang tidak bisa diabaikan dari sudut pandang syariat Islam. 

Kata kunci: islam; maqasid al-syari’ah; non-muslim; toleransi; wasiat wajibah.


ABSTRACT

The religious court is a judicial institution established by the state specifically for the civil affairs of Muslims in Indonesia. In practice, there are decisions that show the concern of religious judges for non-Muslims, even though the word “tolerance†is not stated explicitly. This paper aims to explore and analyze the values of religious tolerance through the application of maqasid al-shari’ah in the decisions of religious court judges and religious high courts regarding obligatory will. The data source for this article is Decision Numbers 263/P.dt.G/2007/PTA.Sby and 21/P. dt.G/2016/PTA.Mks. The two decisions were analyzed according to content analysis techniques. The actions taken were collecting, sorting data, displaying it in the script, and drawing conclusions. The results of the study show that religious court judges display high religious tolerance towards non-Muslims. They decided to give property rights to non-Muslims even though, according to the provisions of the shari’a, they are not entitled to those assets. However, the word “tolerance†is not included in the decision. The judges consider this matter of tolerance according to the elements of maslahah, or the obligation to maintain five aspects of the shari’a, namely: maintaining religion (hifz al-din), protecting the soul (hifz al-nafs), preserving the mind (hifz al-’aql), preserving offspring (hifz al-nasl), and maintaining property (hifz al-mal). The obligation to maintain these five important aspects in judges’ decisions is closely related to non-Muslim interests, which cannot be ignored from the perspective of Islamic law.

Keywords: islam; maqasid al-shari’ah; non-muslims; tolerance; obligatory will.

References

Buku

Al-Bukhari. (2008). Sahih al-Bukhari, Beirut: Dar al-Fikr.

Al-Qardhawi, Y. (n.d.). ’Awamil al-sa’ah wa al-murunah. Damaskus: Taha.

Al-Rahman, J. al-D. ’Abd. (1983). Al-masalih al-mursalah wa makanatuha fi al-tasyrì‘. Beirut: Dar al-Fikr.

Al-Raisuni, A. (2002). Nazarriyat al-maqasid ’inda al-imam al-syatibi. Beirut: Muassasah al-Risalah.

Al-Sais, M. A. (1989). Tafsir ayat al-ahkam. Kairo: Dar al-’Urubah.

Al-Shatibi. (2005). Al-muwafaqat fi usul al-syarì‘ah. Jilid I. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiah.

Dahlan, A. A. (Ed.). (1997). Ensiklopedi hukum Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Jurnal

Abdullah, Z., & Wijaya, E. (2017). Efektifitas pengaturan masalah kerukunan umat beragama dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia. Pandecta: Research Law Journal, 11(2), 113–123. https://doi.org/10.15294/pandecta.v11i2.7830.

Mokhtar, A. I., & Albaraka, J. I. (2016). Publications in the Maqasid Al-Shari’ah. Global Journal Al Thaqafah, 6(2), 157–170. https://doi.org/10.7187/GJAT12120160602.

Akmansyah, M. (2017). Membangun toleransi dalam perspektif pendidikan spiritual sufistik. KALAM, 10(2), 517-536. https://doi.org/10.24042/klm.v10i2.12.

Arifianto, A. R. (2017). Practicing what it preaches? Understanding the contradictions between pluralist theology and religious intolerance within Indonesia’s Nahdlatul Ulama. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 55(2), 241-264. https://doi.org/10.14421/ajis.2017.552.241-264.

Asyari, S. (2013). Responses of Sumantran Malay Muslims toward “neo-anti bid’ah movement.†Journal of Indonesian Islam, 7(2), 217-245.

Biyanto, B. (2009). Pluralism discourse: The views of young Muhammadiyah intellectuals. Journal of Indonesian Islam, 3(2), 314-340. https://doi.org/10.15642/JIIS.2009.3.2.314-340.

Budiman, A. A. (2014). Penemuan hukum dalam putusan Mahkamah Agung dan relevansinya bagi pengembangan hukum Islam Indonesia. Al-Ahkam Jurnal Pemikiran Hukum Islam, 24(1), 1-30.

Burhanudin, J. (2010). Survey report: A portrait of Muslims’ socio-religious attitudes in Java. Studia Islamika, 17(1), 195-198.

Fauzinudin, M. (2018). Kontribusi Iran terhadap sejarah pembaharuan hukum keluarga Islam: Potret sistem kewarisan Islam dan wasiat wajibah di Iran. Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, 18(2), 205-220. https://doi.org/10.18860/ua.v18i2.4492.

Gada, M. Y. (2016). On pluralism, religious ‘other’, and the Quran: A post September-11 discourse. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 6(2), 241-271.

Gani, N. A. (2017). Wasiat wajibah sebagai penemuan hukum oleh hakim dalam perkara waris beda agama (Studi kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 16 K/AG/2010). Jurnal Hukum dan Peradilan, 6(2), 317-336. https://doi.org/10.25216/JHP.6.2.2017.317-336.

Ilhami, H. (2016). Development of the regulation related to obligatory bequest (Wasiat wajibah) in Indonesia Islamic inheritance law system. Mimbar Hukum - Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, 27(3), 553-565. https://doi.org/10.22146/jmh.15884.

Ismail, Moh. (2012). Kritik atas pendidikan toleransi perspektif multikulturalisme. At-Ta’dib, 7(2), 225-243. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v7i2.73.

Khareng, M., & Awang, J. (2012). Cultural socialization and its relation to the attitude of religious tolerance among Muslim and Buddhist students in prince of Songkhla University. International Journal of Islamic Thought, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.24035/ijit.02.2012.002.

Kharlie, A. T. (2011). Modernisasi, tradisi, dan identitas: Praktik hukum keluarga Islam Indonesia. Studia Islamika, 18(1), 167–198.

Manan, A. (2013). Penemuan hukum oleh hakim dalam praktek hukum acara di peradilan agaman. Jurnal Hukum dan Peradilan, 2(2), 189-202. https://doi.org/10.25216/JHP.2.2.2013.189-202.

Ningsih, W., Darmawan, A., & Rais, A. A. (2021). Pendidikan agama Islam dan toleransi antar umat beragama. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 142-155. https://doi.org/10.15575/ath. v6i1.10255.

Qurtuby, S. A. (2017). Arabs and “Indo-Arabs†in Indonesia: Historical dynamics, social relations and contemporary changes. IJAPS, 13(2), 45-72.

Rahman, N. F. A., & Khambali, K. M. (2013). Religious tolerance in Malaysia: Problems and challenges. International Journal of Islamic Thought, 3(1), 81–91. https://doi.org/10.24035/ijit.03.2013.007.

Raihani, R., Karim, P., M. Asyari, S., & Mahnun, N. (2016). Delivering Islamic studies and teaching diversity in Southern Thai Islamic Schools. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 54(1), 123-146. https://doi.org/10.14421/ajis.2016.541.123-146.

Saerozi, Muh. (2017). From controversy to tolerance dynamics of the development of istiqomah mosque in front of a church in Ungaran Central Java Indonesia. Journal of Indonesian Islam, 11(2), 423–457.

Salam, M. I. H. A. S. (2016). Al-Dawlah wa al-da‘wah al IslÄmÄ«yah fÄ« ‘ahd al-niẓÄm al-jadÄ«d: DirÄsah fÄ« fikr Soeharto min khilÄl al-khiá¹­ÄbÄt al-ri’ÄsÄ«yah fÄ« al-munÄsabÄt al-IslÄmÄ«yah bi Indonesia. Studia Islamika, 23(1), 143–174.

Sano, I. L., Talek, Y., & Ibrahem, N. (2017). Factors and policies contributing to multiethnic coexistence in Thailand: A comparative study of two perspectives. International Journal of Arts & Sciences, 10(2), 149–161.

Sugiri, A. (2004). Wasiat untuk ahli waris: Kritik ekstern dan intern otentisitas hadis-hadis larangan wasiat untuk ahli waris. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 42(2), 465-494.

Supriyanto, S. (2018). Memahami dan mengukur toleransi dari perspektif psikologi sosial. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 15(1), 23-28. https://doi.org/10.18860/psi.v15i1.6659.

Suryan, S. (2017). Toleransi antarumat beragama: Perspektif Islam. Jurnal Ushuluddin, 23(2), 185-200. https://doi.org/10.24014/jush.v23i2.1201.

Yasir, M. (2014). Makna toleransi dalam Al-Qur’an. Jurnal Ushuluddin, 22(2), 170-180.

Zuhroh, D. (2017). Konsep ahli waris dan ahli waris pengganti: Studi putusan hakim pengadilan agama. Al- Ahkam, 27(1), 43–58.

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Salma, S., & Agustiar, A. (2023). KONSTRUKSI TOLERANSI BERAGAMA DALAM WASIAT WAJIBAH MELALUI PENERAPAN MAQASID AL-SYARI’AH. Jurnal Yudisial, 15(2), 167–186. https://doi.org/10.29123/jy.v15i2.480

Citation Check